Menu

Dark Mode

Histori Jateng

Kodim 0726/Sukoharjo Adakan Penghijauan di Gentan Demi Atasi Kera Liar

badge-check


					Kodim 0726/Sukoharjo Adakan Penghijauan di Gentan Demi Atasi Kera Liar Perbesar

GAPURAJATENG.COM | SUKOHARJO – Kodim 0726 Sukoharjo melaksanakan kegiatan penghijauan berupa penanaman 1.500 pohon buah di wilayah Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Selasa (07/03/2023).

Penghijauan dilakukan TNI sebagai bentuk upaya membantu warga dan petani dalam mengatasi serangan hama kera liar. Kegiatan dipimpin langsung Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riaydi, S.E.

Kepala Desa Gentan Kecamatan Bulu Kemis mengatakan, warga Desa Gentan Kecamatan Bulu sudah lama diresahkan dengan keberadaan kera liar. Hewan tersebut termasuk hama karena sering merusak segala tanaman pangan milik warga dan petani setempat. Selain itu kera liar juga merusak berbagai benda yang ditemui termasuk rumah warga.

Keresahan semakin memuncak saat kawanan kera liar tidak mendapat makanan dan sering mengancam warga. Bahkan beberapa warga sempat akan diserang kera liar yang kelaparan karena memaksa masuk rumah warga.

“Keluhan warga ini direspon Kodim 0726 Sukoharjo dengan melakukan penghijauan menanam pohon buah dimana hasil tanaman ini nantinya dijadikan bahan pangan alam untuk kera liar agar tidak menyerang warga dan merusak tanaman pertanian petani,” ujarnya.

Kemis menjelaskan, kera liar merupakan satwa endemik di wilayah kawasan hutan Batu Seribu Kecamatan Bulu.

Penanaman pohon buah merupakan upaya dan siasat untuk memenuhi kebutuhan makan kawanan kera agar tidak mengganggu tanaman para petani.

Penghijauan dilaksanakan di seputaran Embung Sebo Menggolo, Dukuh Pecinan desa Gentan, Kec. Bulu, Kabupaten Sukoharjo dengan melibatkan anggota Kodim 0726/Sukoharjo, Pramuka dari Saka Wira Kartika Kec. Bulu, Polsek Bulu, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukoharjo, Kades dan Perangkat desa Gentan serta para warga masyarakat desa Gentan.

“Sejak lama keberadaan kawanan kera ekor panjang selalu mengganggu tanaman para petani di desa Gentan, ini cukup merepotkan dan sering menjadi penyebab gagal tumbuh dan gagal panen tanaman padi dan palawija kami,” lanjutnya.
Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riaydi, S.E mengatakan, penanaman bibit buah-buahan ini merupakan upaya Kodim 0726 Sukoharjo dalam jangka panjang.

Diharapkan setelah pohon tumbuh besar, subur dan berbuah, hasilnya dapat mengalihkan kawanan kera untuk tidak menyerang tanaman para petani, dimana populasinya semakin banyak. Selain itu dengan adanya buah-buahan yang terus berbuah, karena buah yang ditanam merupakan buah yang beragam sehingga dapat berbuah secara bergantian sepanjang waktu. (*)

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read More

Pramuka LDII: Mengukuhkan Peran dalam Gerakan Pramuka Nasional

6 July 2024 - 09:42 WIB

Pelatih Shin Tae-yong Memantau Nova Arianto di Piala AFF U-16 2024

4 July 2024 - 05:46 WIB

Putra LDII Weru FC Menang 3-0 atas Senanata Bero Manyaran di Turnamen Perseka Cup 2024

3 July 2024 - 21:37 WIB

Utut Adianto: Andika Perkasa Lebih Cocok untuk Pilgub Jawa Tengah

3 July 2024 - 20:08 WIB

Pencairan Insentif Kader PKK di Kabupaten Sukoharjo: Bupati Etik Suryani Berkeliling Kecamatan

3 July 2024 - 15:32 WIB

Trending on Histori Jateng