Deputi PBSAR Senkom Mitra Polri Beri Materi SPAB Pada MPLS Siswa SMK Insan Cendekia Yogyakarta

0

Gapurajateng.com | Yogyakarta – Demi terwujudnya tamatan yang berakhlak mulia, cerdas, peduli terhadap lingkungan dan tanggap terhadap perubahan zaman, SMK Insan Cendekia Yogyakarta melaksanakan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) Siswa Baru Tahun Pelajaran 2023/2024.

Kegiatan ini dilaksanakan di SMK Insan Cendekia Yogyakarta selama 5 hari mulai Senin (10/7/2023) sampai dengan Jumat (14/7/2023).

Ina Dwiyanti, S.Psi., M.Pd. Selaku Kepala Sekolah SMK Insan Cendekia Yogyakarta mengatakan bahwa MPLS SMK Insan Cendekia Yogyakarta tahun ini diisi dari beberapa narasumber baik narasumber luar seperti Edi Ermawan dari Senkom Mitra Polri, Puskesmas Turi, BNN Kabupaten Sleman, Polsek Turi, Koramil Turi, dan PUSPAGA.

Materi yang disampaikan yaitu:
1. Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB);
2. Pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan di lingkungan sekolah, issue gender, perundungan dan kekerasan seksual, tidak pidana perdagangan orang (TPPO);
3. Pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN);
4. Kampanye sekolah sehat, screening kesehatan, kantin sehat, PHBS, UKS, kesehatan reproduksi, kesehatan jiwa;
5. Sekolah Ramah Anak;
6. Baris berbaris.

“Kegiatan ini sangat kreatif dan menginspirasi demi optimalisasi potensi peserta didik. Peserta didik mengikuti kegiatan MPLS dengan penuh antusias, semangat dan sangat menikmati kegiatan ini,” ujar Ina.

Kegiatan MPLS ini, kata Ina, untuk mengenali potensi peserta didik baru, menumbuhkan motivasi dan semangat berprestasi.

“Dengan MPLS ini harapannya peserta didik mampu mengenali dan beradaptasi dengan lingkungan belajar sehingga menambah semangat untuk mengembangkan potensi dan bakat,” jelasnya.

“Semoga dengan MPLS tahun ini, mampu mengantarkan peserta didik untuk mengoptimalkan potensi wujudkan pelajar pancasila yang cerdas, berkarakter, unggul, islami dan siap berkopetensi,” pungkasnya. (bay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *