Satu Pleton Satgas LDII Solo Mengikuti Upacara HUT RI ke 78 

Satu Pleton Satgas LDII Solo Mengikuti Upacara HUT RI ke 78 

Gapurajateng.com | Solo – Satu pleton satgas LDII Solo memenuhi undangan Pemerintah Kota Surakarta bernomor BL-01.03/1992/vi/2023 dalam acara upacara 17 Agustus 2023 pada di Stadion Sriwedari pada pagi ini.

Pada kesempatan upacara HUT RI ke 78 ini Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X memimpin Upacara Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di Lapangan Sriwedari Solo.

Ini merupakan pertama kalinya Mangkunegoro X menjadi inspektur upacara di acara resmi itu. Dari pantauan media, Mangkunegoro X tampak mengenakan baju adat beskap landung putih, sedangkan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka hadir mengenakan baju adat Bali lengkap dengan mengenakan kamen dan udeng.

 

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengakui bahwa upacara hari ini spesial dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya yang menjadi inspektur upacara kali ini yakni Mangkunegoro X.

“Upacara kemerdekaan di Kota Solo hari ini hari ini upacara agak spesial karena inspektur upacaranya KGPAA Mangkunegoro X,” katanya di Stadion Sriwedari, Kamis (17/8/2023).

Gibran menyampaikan ke awak media, hal ini merupakan simbol kerja sama antara Pemkot Solo dengan Puro Mangkunegaran. Dirinya ingin menunjukkan bahwa kolaborasi antara Pemkot Solo dengan Puro Mangkunegaran dan Keraton Solo sangat penting.

“Ini adalah simbol kerja sama antara Pemkot dan Puro Mangkunegaran sebagai salah satu strategi partner dan kita ingin menunjukkan bahwa kolaborasi antara Pemkot dengan Mangkunegaran dan (keraton) Kasunanan hal yang sangat krusial karena Solo ini adalah kota budaya,” tuturnya.

Plt H Hari Sulistyawan SE DPD LDII Kota Surakarta mengapresiasi atas terselenggaranya upacara pengibaran bendera merah-putih dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. Acara berlangsung sangat khidmat dan tertib. dan berlangsung dengan baik dan indah. Ditambah ada seremonial tarian Gergah Rajamala, menambah semaraknya acara.

“Harapan dan pesan dari DPD LDII Kota Surakarta, ketertiban waktu agar bisa lebih dijaga. Kantong² parkir juga bisa lebih dipersiapkan lebih baik lagi. Intinya sudah sangat baik dan tertib,” katanya.

“LDII Kota Surakarta selalu mendukung pemerintah dalam menjalankan kepemerintahan dan pembangunan semoga Solo selalu berseri ayem tenteram gemah Ripah loh jinawi,” lanjutnya.

“Semoga selalu terjaga keamanannya ketertiban terwujud Solo yang berbudaya Adi luhung, tenggang rasa hormat menghormati dan kebaikannya terjaga selalu,” pungkasnya. (ghoni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*