Senkom Mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Bersama Bupati 

Senkom Mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Bersama Bupati 

 

Gapurajateng.com | Karanganyar – Satu pleton pasukan Senkom Karanganyar bergabung dengan pasukan lainnya mengikuti upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Kantor Setda Karanganyar, Minggu (1/10/2023).

Bertindak selaku inspektur upacara tersebut, Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmono, M.M. Peserta upacara tersebut meliputi jajaran Forkopimda, OPD Senkom dan para pelajar. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Karanganyar, Toni Hatmoko SE, MM membacakan ikrar Hari Kesaktian Pancasila.

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:

bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;

bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara;

bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;

maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jakarta, 1 Oktober 2023

Atas Nama Bangsa Indonesia

Ketua DPR RI, Dr. (H.C.) Puan Maharani

H Joko Sutrisno SH, MM Ketua Senkom mitra Polri Kabupaten Karanganyar disela mengikuti sosialisasi dan simulasi pemadaman kebakaran di lingkungan pondok pesantren Al Mukhlisin Tegalgede menyampaikan,

Kami Senkom sangat merindukan Pancasila hadir di tengah masyarakat karena kami bagian masyarakat dengan Pancasila sebagai pemersatu bangsa dalam rangka menuju indonesia maju.

“Kami secara organisasi Senkom mitra polri terus menanamkan 6 karakter luhur yaitu rukun, kompak, kerjasama yang baik, jujur, amanah dan hemat lagi efisien, agar selain mempunyai akhlakul karimah, semua tertulis dalam sila Pancasila,” jelas camat Kebakkramat.

“Dengan rukun kompak kerjasama yang baik akan tumbuh berkembang rasa persatuan rasa menghargai menghormati toleransi dan akan tumbuh rasa mencintai bangsa negara, dengan peringatan hari kesaktian Pancasila akan bangkit persatuan dan kesatuan untuk Indonesia lebih lebih Maju,” pungkasnya. (ghoni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*